Manjadda Wajada.. Bersungguh-sungguhlah.. Maka Kita Akan BerhasiL..

Permasalahan Mendasar pada Pembelajaran Geometri

Author: rhosyidanelly // Category:
Kebanyakan orang menganggap Geometri tuh ya hanya berkutat pada masalah gambar... bangun.. bidang datar... dan sejenisnya. Akan tetapi, kebanyakan tenaga pendidik bidang Matematika, kurang memahami benar akan konsep dasar geometri dan akibatnya banyak terjadi kesalahan-kesalahan dalam penyampaian materi yang dianggap benar, padahal salah kaprah. Coba dech ditelaah.. Saya dapet materi ini dari Dosen Matematika Unnes yang kebetulan bertindak sebagai validator instruimen penelitian dalam skripsi saya, Bapak Suhito.

1. Pemahaman tentang konsep-kosep dasar geometri.

    a. Sudut sebagai himpunan titik-titik.
    b. Segitiga sebagai himpunan titik-titik.
    c. Jajar-genjang sebagai himpunan titik-titik.
    d. Kubus sebagai himpunan titik-titik

2. Pemahaman tentang relasi antara obyek-obyek geometri.
    a. Relasi antara titik dan lingkaran
    b. Relasi antara garis dan garis.
    c. Relasi antara garis dan kubus

3. Pemahaman tentang operasi antara obyek-obyek geometri
    a. Operasi antara garis dan garis
    b. Operasi antara garis dan garis lengkung (kurva).
    c. Operasi antara kurva dan kurva.
    d. Operasi antara garis dan kubus
4. Mencampur-aduk antara obyek geometri dan obyek fisik
    Perhatikan kerancuan pernyataan-pernyataan berikut ini.
    a. Kubus memiliki 8 buah pojok
    b. Keliling lingkaran 154 m.
    c. Luas persegi panjang 2 m2.
    d. Titik-titik A, B, dan C tak segaris. Ruas garis AB sama dengan ruas garis BC.
    e. Memindahkan titik 5 satuan ke kanan, 3 satuan ke atas.

5. Mencampur-aduk antara obyek geometri dan obyek aljabar
    Perhatikan kerancuan pernyataan-pernyataan berikut ini.
    a. y = 2x + 3, dengan x, y R, merupakan garis lurus.
    b. y = 2x + 5 dan 2y – 4x + 10 = 0, merupakan 2 garis sejajar.
    c. (2,3) merupakan titik yang tak terletak pada y 2 = 4x.

6. Mencampur-aduk antara relasi obyek geometri dan obyek fisik
    a. Titik P berada di sebelah kanan garis l.
    b. Titik Q berada di luar lingkaran.
    c. Parabola y = 2x2 – 4, membuka ke atas.

7. Mencampur-aduk antara relasi obyek geometri dan relasi obyek aljabar.
    a. Titik P(2,3) memenuhi persamaan y = 2x – 1.
    b. (3,4) tak terletak pada persamaan y = 2x.
    c. y = 2x + 5 memotong y = -x + 4.
Label : Phone Cell Wallpapers Game Phone Free Games Free car body design

2 Responses to "Permasalahan Mendasar pada Pembelajaran Geometri"

suhito Says :
21 Oktober 2011 pukul 11.17

Ass Wr Wb
Saya mengapresiasi tulisan anda. Jika ada kesulitan tentang topik ini, sampaikan lewat email: utok53@gail.com

dari : Suhito

rhosyidanelly Says :
26 April 2012 pukul 11.18

baru membaca komentar ini, baik pak.. saya sangat bersyukur bisa belajar dari bapak terutama mengenai geometri, saya berharap bisa belajar lebih banyak dari Bapak.

Posting Komentar