Manjadda Wajada.. Bersungguh-sungguhlah.. Maka Kita Akan BerhasiL..

BeDah Skripsi dan Tugas Akhir, MSC 2010

Author: rhosyidanelly // Category:
Alhamdulillah.. wasyukurilah... akhirnya merasakan lagi kebersamaan dalam nostalgia bersama anak-anak MSC (Mathematics Study Club).

Dalam acara BSTA (Bedah Skripsi dan Tugas Akhir) MSC 2010, yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 1 Mei 2010 di Ruang Seminar D10 289, pukul 08.0 - 14.30 WIB.

Seperti kembali ke masa lalu. seingat saya, berarti ini kali ketiga saya mengikuti acara BSTA ini. semuanya sangat berkesan. sangath... sangath.. berkesan. kenangan bersama rekan-rekan organisasi, tiba-tiba muncul kembali. Merindukan sangath... meskipun banyak sekali perbedaannya. dua kali saya sebagai panitia, dan kemarin, saya sebagai pendamping tamu undangan (pembicara). hehehe....

BSTA yach... banyak suka-duka yang tercipta dalam pelaksanaannya. Pertama kali ikut dulu sebagai sekretaris II, yang kedua sebagai sie Humas apa yah?? lupa... Hehe... maklum dah dewasa (tapi belum mau dibilang tua). Hmm... masih inget dulu ketika BSTA tahun 2009, diketuai sahabat saya, M. Iftah,sungguh penuh perjuangan. tapi alhamdulillah, semua dapat terlewati dengan baik.


 Acara BSTA kemarin mengundang tiga orang pembicara dan kebetulan semua adalah wisudawan yang lulus bulan Oktober 2009, baru tahun lalu. Dari Prodi Matematika Murni dipilih mas Anggy Trisnawan, Prodi Pendidikan Matematika (prodi saya...) Mbak Lely A. R, dan yang terakhir M. Thoha dari prodi Staterkom. Ketiganya mempunyai ciri khas masing-masing dalam menjelaskan. sayang sekali waktu itu saya tidak melihat semua presentasi.  Hanya ketika dari prodi staterkom saja. Tapi saya pun tak mau diam, jadi ya menanyakannya pada peserta lain seusai pelaksanaan.

Intinya, banyak pelajaran yang dapat saya sampaikan terutama bagi yang saat ini tengah berniat mulai mengerjakan skripsi ataupun tugas akhir, dan juga bagi yang tengah mengerjakan skripsi.
  1. Dalam memilih judul skripsi, cari dulu masalah real (nyata) yang benar-benar ada di lapangan. baru menyusun judulnya.
  2. Usahakan lengkapi referensi yang dibutuhkan untuk penyusunan skripsi kita jau-jauh hari dan simpan baik-baik di tempat yang aman.
  3. Carilah referensi yang memenuhi 3 kriteria, yaitu relevan, ahlinya, dan penerbit (saran dari Pak Hardi, dosen pembimbing saya, beliau sangat kritis dalam hal referensi, harus bisa dipertanggungawabkan).
  4. buat kerangka skripsi kita sejak awal, dari bab I hingga bab V... paling tidak, apa saja yang akan dibahas, sehingga mempermudah kita ketika proses penyusunan.
  5. Usahakan bimbingan langsung ke dua dosen, meskipun banyak revisi dan banyak biaya, setidaknya jalanmu sangat cepat, selangkah lebih maju.
  6. turuti apa yang dosen pembimbing minta, jangan suka beradu pendapat. tidak semua dosen mau menerima penolakan atau tanggapan kita.
  7. kenali benar karakter dan kriteria dosen pembimbing kita, apakah termasuk tipe dosen yang keras, disiplin, santai, dsb. hal ini akan sangat mempengaruhi proses pembimbingan, jika kita paham benar  bagaimana karakter dosen, maka kita akan bisa menyiasati bagaimana kita harus menghadapi mereka.
  8. Tetapkan tujuanmu menyelesaikan skripsi, sebagai motivator.
  9. Sabar
  10. Tetap berusaha dan berdoa.
Ya.. itu sedikit pesan yang bisa saya ambil. semoga bermanfaat. 


Label : Phone Cell Wallpapers Game Phone Free Games Free car body design

0 Responses to "BeDah Skripsi dan Tugas Akhir, MSC 2010"

Posting Komentar