Manjadda Wajada.. Bersungguh-sungguhlah.. Maka Kita Akan BerhasiL..

Jurus TanDur.. eTos Kerja seorang Muslim..

Author: rhosyidanelly // Category:
9 Juli 2010>> 08:44

Pagi ini tangan gatel untuk menulis sesuatu yang sedang berkecamuk dalam hati dan pikiran saya. Pangen ajah.. keinget sama beberapa cerita, dan juga pas semalem lihat iklan di TV di warung makan. Ada istilah "Jurus TanDur", singkatan dari Maju Terus, Pantang Mundur. Wuiiihhh.. keren. baru kepikiran kebiasaan saya yang suka bikin akronim-akronim semacam itu. Hehe... inget Leto (Lele Presto), Agar-agar Kuku Semar, R-Gament, Kata (Kelas Cinta), G-Smart (Gubug Smart), Lupis, de el del. Tapi bukan itu esensi yang ingin saya sampaikan. Tapi lebih ke pesan semangat yang ingin disampaikan.

Masih inget dulu pernah baca kisah yang diceriatakan Sa'ad Al Anshari, bahwa pada suatu hari seorang sahabat Nabi memperlihatkan tanganna yang hitam dan melepuh karena dia bekerja keras dengan cara menggali dan mencangkul tanah demi mencari nafkah untuk keluargana. Kemudian Nabi meraih tangan sahabat tersebut dan masyaAllah... beliau mencium tangan sahabat tersebut.
Apa sich makna dari peristiwa ini? yaitu ga lain dari suatu penghormatan Nabi terhadap seorang mukmin yang bekerja keras, ulet, dan pantang menyerah pada tantangan alam dan zaman. Ketabahan dan keuletan dalam menegakkan cita-cita aan terlihat dari cara kerja seseorang. 
Allah berfirman :
"... Bahwa berapa banyak kelompok kecil bisa mengalahkan kelompok yang besar atas izin Allah...."
(Al-Baqarah:249)
Izin Allah adalah sunatullah lho..dan berlaku universal. Bukan milik umat islam saja, tapi milik siapapun. Siapa yang menolak sunnah, maka dia telah menolak nikmat Allah. Maka bekerja keras, ulet, dan pantang menyerah adalah ciri dan cara dari kepribadian muslim yang memiliki etos kerja. Keuletan merupakan modal yang sangat besar dalam menghadapi segala tantangan atau tekanan.  Soalna, sejarah pun udah membuktikan betapa banyak bangsa yang punya sejarah pahit , tapi akhirna bisa keluar dengan berbagai inovasi, kohesivitas kelompok, dan mampu memberikan prestasi yang tinggi bagi lingkungannya. 

Keinget juga sama puisi yang ditulis sama Jendral McArthur 

Tetapi dibawah tekanan, desakan, kesulitan dan tantangan,
Didiklah putraku supaya tetap teguh ditimpa badai.
Dan mampu melimpahkan cinta bagi mereka yang gagal.
Bentuklah putraku menjadi manusia yang berhati bening.
yang cita-citanya tinggi,
yang sanggup memimpin dirinya sendiri sebelum memimpin orang lain.
Putra yang mampu menjangkau masa depan.
Tetapi tidak melupakan masa lalunya ketika dia menggapainya.
aku juga memohon, jadikan pula putraku seorang yang jenaka agar dalam kesungguhannya tetap ceria

Tuhanku,
berilah juga dia kerendahan hati,
Agar selalu ingat kesederhanaan, kelembutan, kearifan, dan kekuatan sejati.
Sehingga suatu saat aku, ayahnya, berani berkata "Hidupku tidaklah sia-sia"

Sikap istiqomah, tangguh, dan tangguh akan tumbuh sebagai bagian dari kepribadian kita, seandaina kita mampu dan gemar hidup dalam tantangan. Sadar akah hal ini, seorang muslim yang punya etos kerja, berupaya membuat tantangan, target, dan arah kemana mereka harus menuju.
Sebenarna kalo kita mau bertafakur lebih dalam sih, hidup ini sendiri adalah penuh dengan tantangan, cuma kebanyakan kita ga menyadarina. Ada pepatah yang mengatakan, tidak ada satu cita-cita tanpa pengorbanan.





Label : Phone Cell Wallpapers Game Phone Free Games Free car body design

0 Responses to "Jurus TanDur.. eTos Kerja seorang Muslim.."

Posting Komentar